Lengkap! Cara Menambahkan File Ads.txt ke Situs Blogger Anda

Lengkap! Cara Menambahkan File Ads.txt ke Situs Blogger Anda

Memahami Pentingnya ads.txt dalam Periklanan Digital

OperatorData – Dalam lanskap periklanan digital saat ini, transparansi dan akuntabilitas sangat penting untuk membangun kepercayaan dan memastikan integritas kampanye periklanan online. Untuk mengatasi masalah ini, Interactive Advertising Bureau (IAB) memperkenalkan ads.txt (Authorized Digital Sellers) sebagai mekanisme standar untuk memerangi penipuan iklan dan melindungi penayang dan pengiklan. Artikel ini akan menyelidiki apa itu ads.txt, tujuannya, dan signifikansinya dalam industri periklanan.

Apa itu ads.txt?

ads.txt adalah inisiatif yang dikembangkan oleh IAB Tech Lab pada tahun 2017. Ini adalah singkatan dari Penjual Digital Resmi dan berfungsi sebagai file teks yang dapat kita unggah ke situs web kita. File ini menentukan jaringan atau platform iklan mana yang boleh tayang dan mana yang tidak blih tayang untuk menjual inventarisnya. File ads.txt berfungsi sebagai catatan publik, yang menunjukkan entitas mana yang diizinkan untuk menjual ruang iklan di situs web tertentu.

Tujuan dari ads.txt

Tujuan utama ads.txt adalah untuk memerangi spoofing domain dan penjualan kembali inventaris tanpa izin. Spoofing domain terjadi ketika penipu salah merepresentasikan domain mereka untuk menipu pengiklan dan menjual ruang iklan yang sebenarnya tidak ada di situs web yang sah. Dengan menerapkan ads.txt, penayang dapat mengautentikasi inventaris mereka dan memberikan daftar penjual resmi, sehingga mengurangi risiko penipuan iklan.

Bagaimana cara kerja ads.txt?

Saat pengiklan ingin membeli ruang iklan di situs web, mereka biasanya melalui pertukaran iklan atau platform sisi permintaan (DSP). Sebelum memasang iklan, DSP memeriksa file ads.txt di situs web penerbit untuk memverifikasi apakah penjual berwenang untuk menjual inventaris tersebut. Jika penjual tidak tercantum dalam file ads.txt, DSP dapat memilih untuk menghindari pembelian ruang iklan atau menganggapnya sebagai potensi risiko.

Signifikansi ads.txt

Memerangi Penipuan Iklan: ads.txt membantu mencegah aktivitas penipuan seperti spoofing domain dan penjualan kembali inventaris iklan tanpa izin. Dengan menentukan penjual resmi, penerbit melindungi merek dan pengiklan mereka agar tidak menjadi korban skema penipuan.

Transparansi dan Akuntabilitas: ads.txt mempromosikan transparansi dengan mengungkapkan penjual resmi ke ekosistem periklanan. Ini memungkinkan pengiklan untuk memastikan bahwa iklan mereka tampil di situs web yang sah dan memungkinkan penerbit mempertahankan kendali atas inventaris mereka.

Mempertahankan Aliran Pendapatan: Menerapkan ads.txt membantu penayang mempertahankan aliran pendapatan yang sehat dengan mencegah penjual yang tidak sah memonetisasi inventaris iklan mereka. Ini memastikan bahwa penerbit menerima kompensasi yang sesuai untuk konten mereka.

Adopsi di Seluruh Industri: Adopsi ads.txt telah mendapatkan daya tarik yang signifikan dalam industri periklanan digital. Banyak jaringan iklan, platform sisi permintaan, dan penayang telah menggunakan ads.txt, memudahkan pengiklan untuk mengidentifikasi sumber inventaris yang sah dan meminimalkan risiko penipuan iklan.

Praktik Terbaik untuk Menerapkan ads.txt

Untuk memanfaatkan ads.txt secara efektif, penayang harus mengikuti praktik terbaik berikut:

Perbarui ads.txt secara rutin: Penayang harus meninjau dan memperbarui file ads.txt setiap kali menjalin kemitraan baru atau menghentikan kemitraan yang sudah ada. Ini memastikan bahwa penjual resmi tercermin secara akurat dalam file.

Validasi ads.txt: Penayang dapat menggunakan alat validator ads.txt IAB untuk memverifikasi kebenaran file ads.txt mereka. Validasi membantu mengidentifikasi kesalahan atau ketidakkonsistenan dalam file, memastikan fungsionalitas yang optimal.

Promosikan Adopsi Industri: Penayang harus mendorong partner dan mitra mereka untuk mengadopsi ads.txt. Dengan mempromosikan penerapan di seluruh industri, efektivitas ads.txt sebagai alat melawan penipuan iklan dimaksimalkan.

Cara Menambahkan File Ads.txt ke Situs Blogger Anda

Jika Anda adalah seorang pemilik situs web atau blogger yang ingin menghasilkan pendapatan melalui iklan, maka Anda mungkin sudah familiar dengan file Ads.txt. Ads.txt adalah file teks sederhana yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang penerbit dan mitra jaringan iklan yang diizinkan untuk menampilkan iklan di situs web Anda. File ini membantu melindungi situs web Anda dari praktik periklanan palsu atau penipuan, serta memastikan bahwa iklan yang tampil di situs Anda berasal dari sumber yang sah.

Jika Anda menggunakan platform Blogger untuk mengelola situs web Anda, berikut adalah langkah-langkah tentang cara menambahkan file Ads.txt ke situs Blogger Anda:

  • Login ke “Blogger” > “Setelan” > “Monetisasi”

  • Aktifkan ads.txt kustom
  • Pada bagian “ads.txt kustom” isi dengan kode ads.txt berikut:
    google.com, pub-0000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
  • Ganti yang berwarna merah dengan ID Akun AdSense milik sobat
  • ID Akun AdSense bisa terlihat pada URL dashboard AdSense.
  • Jangan Lupa Klik Simpan

Setelah memasang/mengaktifkan file Ads.txt biasanya iklan AdSensenya menjadi blank/tidak muncul. Silakan tunggu saja sekitar 1x24jam sampai iklannya muncul kembali.

Selain itu notifikasi peringatan ads.txt di akun AdSense tidak akan langsung hilang, silakan tunggu saja sekitar 1x24jam sampai notifikasi tersebut hilang.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments